Sabtu, 20 Juli 2013

Pisang Bollen (First Trial)

Pisang Bollen. Kenal sama jajanan ini pas ga sengaja di bawain oleh-oleh adinya pak suami yang abis dari Bandung. Enak beneerr,, lha pertama kalinya makan sih, jadi belom punya perbandingan bollen yang lain lebih enak dari yang saya makan waktu itu, hehe.

Penasaran pengen bisa bikin sendiri, mulailah saya kesana kemari cari-cari resep yang "menurut saya" gampang untuk saya eksekusi. Semangat bakingnya kembang kempis sih, jadi kalo pas baca resepnya aja udah pusing, ga bakalan deh saya coba dalam waktu dekat. Trauma kegagalan dan buang-buang bahan dan ga enak hati sama pak suami, itu faktor yang membuat saya ogah eksperimen sama resep yang belum teruji benar, hehe..

Ga sengaja, beberapa waktu lalu lihat postingan salah satu teman di grup baking posting pisang bollen ini. Di lihat dari cara pembuatan dan bahan sih oke, saya tertarik nyoba dalam waktu dekat. Tapi nyatanya adaaa aja kerjaan lain jadi belum sempet juga ekseskusi bollen. Sampai akhirnya kemaren saya ketemu lagi sama mbak yang posting resep waktu itu, dan saya minta resepnya sama beliau. Alhamdulillah, beliau sangat murah hati berbagi resepnya, jadi saya bisa pamerin di sini nih hasil bikinan saya. 
Saya mulai nimbang-nimbang dan siap-siapin bahan pas pak suami siap-siap mau jum'atan, dan selesai sholat jum'at aroma pisang bollen di oven sudah sangat menggoda. Lima menit lagi matang, dan siap di foto. Sampai-sampai pak suami bilang "Tujuan utama memasak adalah untuk di foto", Hahahaha,, 


Pisang Bollen
By. Mbak Siti-Rwiyoto La Buna Salatiga

Bahan I
250 gr Terigu protein sedang
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Gula
1 btr Telur
100 ml Air
15 gr Margarin

Bahan II
100 gr Korsvet (Saya pake shortening, memanfaatkan shortening yang hampir expired)
Pisang raja, secukupnya
Meses secukupnya (Saya pakai DCC serut)
Keju lembaran potong-potong, secukupnya (saya pakai keju cheddar serut)
1 btr Telur kocok lepas untuk olesan (Saya pakai 4 btr telur puyuh, lagi-lagi memanfaatkan bahan, hehe)
1 sdt Madu

Cara membuat
  1. Aduk bahan I sampai asal kalis, diamkan 30 menit.
  2. Pipihkan korsvet, gilas memanjang.
  3. Gilas adonan, taruh korsvet diatasnya, lipat seperti amplop sehingga korsvet tertutupi adonan, gilas lagi memanjang, lipat tiga. Ulangi sebanyak 3 kali. (Di proses ini, saya ulang entah berapa kali karena shortening saya bocor kemana-mana, jadi saya beneri-lipat-gilas berkali-kali.)
  4. Gilas adonan 1/2 cm, potong kotak-kotak. Isi dengan pisang, meses, keju, lipat hingga tertutup, taruh di loyang. Ulangi sampai adonan habis.
  5. Oles alatsnya dengan telur kocok yang sudah di campur madu. Oven 180 derajat celcius selama 30 menit. (Saya, saya oven 25 menit lalu saya poles ulang dengan kocokan telur dan saya taburi keju parut. Kemudian saya oven lagi 5 menit).
  6. Angkat, keluarkan dari loyang.
Belum puas dengan hasil yang ini, jadi masih akan ada pisang bollen-pisang bollen selanjutnya yang akan saya taklukkan di dapur saya. Practice makes perfect, Right? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...