Selasa, 16 Juli 2013

Mie Ongklok Wonosobo For IDFB Challenge #11

Siapa yang ga kenal mie. Makanan berbahan dasar terigu ini begitu populer di Indonesia meskipun mie tidak "lahir" di negeri kita ini. Mie memang bahan dasar yang gampang sekali di olah dalam berbagai jenis masakan. Sampai-sampai hampir tiap daerah memiliki masakan khas dengan bahan dasar mie ini. Misalnya mie kocok Medan, mie Aceh, mie godog ala Yogyakarta, dan yang akan saya angkat kali ini adalah mie ongklok Wonosobo. Sebuah kabupaten yang terletak di kaki dataran tinggi Dieng.

Di Wonosobo yang dingin, menikmati sajian mie ongklok yang hangat ini memang menggugah selera. Meskipun saya tinggal di Temanggung (-+ 50 km dari Wonosobo), namun hawa dingin pegunungannya sampai juga di rumah saya. Jadi pagi ini saya bikin sarapan (untuk anak saya), mie ongklok legendaris dari Wonosobo ini sekaligus setoran Pe-Er nya IDFB Challenge #11 dengan tema Noodle/Mie. Pssst, ini pertama kalinya saya ikutan challenge sejak pertama kali gabung di IDFB yang waktu itu lagi heboh challenge #7. Memberanikan diri ikutan challenge. Bukan karena ngiler hadiahnya yang kece-kece itu, tapi demi sebuah pengalaman. Cieeee, bahasanya.. :D

Resep mie ongklok saya dapat dari berbagai sumber di internet. Sempat bingung juga karena saking banyaknya resep yang tayang disana. Sampai akhirnya saya ketemu artikelnya Pak Wisnu Ali Martono (Founder NCC-Suami Ibu Fatmah Bahalwan), yang menceritakan dengan jelas seperti apakah mie ongklok khas Wonosobo itu. Disana dijelaskan bahwa isi dari mie ongklok hanyalah mie, kol, daun kucai, dan saus kecoklatan (kuah yang dikentalkan dengan tepung sagu, saya lebih nyaman menyebutnya dengan saus. Karena menurut saya kuah itu encer. Bener ga sih? hehe). Saus ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih yang dihaluskan bersama ebi goreng, di tumis lalu di kentalkan dengan tepung sagu. Dan dari situ saya jadi tahu sejarah nama mie ongklok ini. Ternyata kata ongklok itu di ambil dari proses pemasakan mie ini. Daripada capek baca tulisan saya yang muter ga jelas ini, selengkapnya bisa baca di sini. :)
Yuk ah, cekidot seperti apa mie ongklok van Temanggung buatan saya.



Mie Ongklok Wonosobo
Resep : Di adopsi dari berbagai sumber, di sesuaikan dengan selera :D

Bahan :
30 gram Mie telur kering
1 lembar daun kol
3 lembar daun kucai
2 sdt larutan tepung sagu untuk mengentalkan (saya buat dari 1/2 sdt tepung sagu yang di encerkan dengan 2 sdm air)
Air secukupnya untuk merebus mie beserta sayuran
5 butir merica
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula
1 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt udang rebon kering (yang sudah di goreng)
50 ml air untuk saus

Cara membuat :

  1. Rebus mie dan irisan daun kol. Tiriskan, tarus dalam mangkuk.
  2. Haluskan merica, bawang merah, bawang putih, udang rebon goreng, garam dan gula.
  3. Tumis bumbu halus, tambahkan 50 ml air dan kentalkan dengan larutan tepung sagu
  4. Siram saus di atas mie ongklok dan mie siap disajikan.
Oh iya, porsinya mini, karena ini sarapan anak saya. Kalau berminat mencoba, penggunaan bumbunya disesuaikan dengan banyaknya mie yang akan di buat. Semoga berkenan dan selamat mencoba.

4 komentar:

  1. Duhhh berat banget puasaku hari ini..mi ongklok bener2 menggugah selera...makasi Mba:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf baru kebaca komennya mbak. Silahkan dicoba mbak, mudah-mudahan sesuai selera ya.. :)

      Hapus
  2. Selamat mencoba mba Amallia, semoga berkenan.. :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...