Rabu, 19 September 2012

Ananas Taart ???

Bingung? Tenaaang, gak usah pinjem kamusnya pangeran william,, hihihihi... :P
Ananas taart a.k.a nastar (Ya, Nastar!!) tau kan? kue kering legendaris yang hampir selalu ada di setiap lebaran,,wehehehe..
Originally, sesuai namanya nastar atau ananas taart itu isinya ya selai nanas,, tapi berhubung kepingin bikin yang beda, aku bikin isinya pake kurma. Dan gak pake telur di adonannya. Jadi, telur cuman dipake buat olesan atasnya aja. Resep dapet dari Mba Rina Sofiany.
Telat ye postingnya?? gapapa, toh bikin kue kering gak harus setahun sekali kan? wehehehe,,
Ini dia resepnya :

Nastar Tanpa Telur

Bahan :
300 gr mentega/butter (Saya : pake margarin simas palmia)
300 gr margarin (Pake margarin simas palmia juga, edisi irit.. hehe)
650 gr terigu protein rendah
70 gr maizena
150 gr gula halus
selai nanas untuk nastar (aku beli jadi di salah satu anggota milis NCC) (Saya :  buah kurma buang bijinya, iris halus, langsung dijadikan isian)
kuning telur untuk olesan  (Saya : Tambah 2 tetes pewarna merah)

Cara membuat :
1. Campur menjadi 1 mentega, margarin, dan gula halus, mikser hingga lembut. Bisa juga tidak dimikser tapi di aduk sampai rata dengan sendok kayu. (Saya : mikser kurleb 10 detik saja)
2. Masukkan tepung terigu sambil diaduk, kemudian maizena. (Pastikan terigu dan maizena sudah di ayak)
3. Bentuk bulat-bulat. Aku buat perbutir isi selai nanas 4 gr dan kulitnya 6-8 gr. (Saya : kira2, ga di timbang)
4. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 15 menit,kemudian keluarkan, olesi dengan kuning telur, dan oven sekali lagi selama 15 menit.

Catatan : kondisi ini tergantung kondisi oven masing-masing ya. Bisa jadi di oven anda hanya membutuhkan suhu 130 derajat atau ada yg membutuhkan suhu 170 derajat, pokoknya kenali dengan bak oven anda masing-masing. (Saya pake otang, gak tahu juga itu berapa derajat celcius. Kira-kira menurut saya sudah cukup panas, saya masukkan si nastarnya)

Selamat mencoba,,
Oh iya, meskipun saya ga pake butter tapi nastarnya enak lho.. Empuk, ngeprul, dan berhasil bikin ponakan-ponakan saya mengerubuti toples,, hihihi..

1 komentar:

  1. Maaf,, maaf.. kemaren khilaf. Salah nulis merk margarin yang saya pakai. Sudah di edit ya,, barangkali berminat silahkan mencoba.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...