Selasa, 04 Juni 2013

Fancy Roll Cake (yang juga) Perdana

Setelah kemaren belajar mencintai oven tua saya, kali ini kukusan melambai-lambai untuk di sayang-sayang lagi, hehehe.. Ceritanya, saya lagi penasaran sama roll cake kukus yang di gambarin lucu-lucu, di tambah beberapa kali lihat jajaran pameran JRC (Japanese Roll Cake) yang juga di gambarin lucu-lucu, bikin saya "gerah". Masak sih saya ngga bisa bikin yang begini? saya pasti bisa, harus.. kata saya waktu itu.

Akhirnya, dengan bermodalkan resepnya mbak Besta Arlita, saya coba bikin fancy roll cake perdana saya. Resep aslinya sih rainbow roll cake, tapi saya paksa jadi fancy roll cake, hehe. Maaf ya mbak Lita,, 


Ini resep aslinya, tapi kemaren saya bikin setengah resep, saya jadiin 2 roll.

Rainbow Roll Cake
By. Besta Arlita

7 butir telur ukuran sedang (Saya pake 4 telur)
210 gr Gula pasir (Saya pake 105 gr)
1 sdm emulsifier (Saya 1/2 sdm)
210 gr terigu (Saya 105 gr)
10 gr baking powder (Saya pake 1/2 tbsp)
100 cc susu cair (Saya : 1tbsp susu dancow bubuk + 50cc air)

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang
2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit.
3. Masukkan susu cair aduk rata.
4. Bagi adonan 6 sama rata , beri warna sesuai selera. (Saya : Ambil 4 sendok sayur, dikasih warna pink sama kuning. Masing2 warna pake 2 sendok sayur adonan).
5. Tuang adonan di 3 loyang ukuran 24x24x4 cm yang sudah dialasi kertas kue dan dioles carlo/margarin, atur pola adonan sesuai selera. (Saya : Tuang di loyang 22cm, di gambar pola bunga dulu di dasar loyang, di kukus kurang lebih 2 menit, lalu di timpa dengan adonan utama)
6. Kukus selama 20 menit
7. Jika sudah matang, balikkan kue di atas serbet bersih.
8. Gulung kue, dinginkan.
9. Buka gulungan, isi buttercream, gulung kembali (Saya : isi dengan chocolate spread)
10. Siap disantap 



Awal pembuatan adonan sampai roll cake matang ngga ada masalah. Tapi begitu kertas roti di kupas, olalaaa motif yang saya buat tadi sukses nempel di kertanya. Ini murni kesalahan saya karena pake resep yang memang bukan diperuntukkan untuk roll cake motif. Dan, mungkin kalo masih mau "maksa" pake resep ini, kayanya adonan untuk motif di bikin agak tebel jadi setelah matang tidak semua motif terangkat / nempel di kertas rotinya.


Dengan ini, saya bisa bilang bahwa : Ternyata saya bisa juga bikin bolu gulung dan berhasil menggulungnya tanpa retak meskipun ini roll cake perdana saya. Yippie, saya naik kelas lagii.. :D
Oya, roll cake saya ini membuahkan orderan loh,, hehe.. *comot satu lagi,, yummie..

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...