Sabtu, 12 Oktober 2013

Oleh-oleh Dari Negeri di Awan

Kemaren hari sabtu (05/10) dapet undangan jalan-jalan gartis dari salah satu famili suamiku. Jalan-jalan gratis ke Dieng, siapa menolak? secara saya juga belum pernah maen kesana. Ihiiiiyy, semangat dong saya siap-siapin segala tetek bengek perjalanan. Akhirnya minggu pagi pun tiba, dan kami pun berangkat. Saya sangat menikmati perjalanan kali ini, bukan cuman karena ini jalan-jalan gratis. Tapi juga karena saya belum pernah sama sekali kesana. Saya yang biasanya suka tidur di mobil, kali ini bahkan ga merem sama sekali saking bersemangatnya.. Hehehe, ga penting ya?

Melewati sekian juta hektar lahan persawahan, sekian banyak pasar sayur, dan juga kebun teh (Aha! ini yang saya baru tahu. Ternyata kebun teh juga ada di Wonosobo). Akhirnya sampailah kami di pos penarikan retribusi wisata.  Kami di kenai biaya masuk Rp18.000/orang untuk masuk ke empat objek wisata. Kami pikir, begitu sampai di lokasi ga perlu bayar lagi. Eh ternyata begitu mau masuk objek wisatanya masih kena biaya Rp.2000/orang. Tapi lagi-lagi, saya seneng-seneng aja tuh lha kan ini jalan-jalan gratis. Jadi saya ga perlu mikirin ongkos masuk dong ya,, hahaha..


Pertama, kami ke perhentian pertama di telaga warna. Subhanallah, bagus bangeett emang dan di lihat dari kejauhan juga memang tampak airnya berwarna. Ga ada kata yang bisa terucap lagi selain kekaguman kepada Allah Sang Pencipta. Recommended deh pokoknya kalo kata saya sih. Saya pengen kesana lagi suatu hari nanti.


 Nah, bisa di lihat kan ada warna biru, hijau, dan kecoklatan di air telaganya.










Selesai di telaga warna, kami melanjutkan perjalanan ke kawah sikidang. Ga jauh dari telaga warna, mungkin cuman sekitar 1km (Saya kurang tahu pasti, tapi yang jelas ga sampe 5 menit naik mobil). sayangnya saya ga sempet nengokin kawahnya. Lumayan jauh kalo jalan dari parkiran, apalagi sambil gendong elena. Belom apa-apa udah kebayang capeknya. Jadi saya sama pak suami memutuskan wisata kuliner dan wisata belanja aja di deket parkiran. Kebetulan ada banyak warung kopi/teh dan penjual oleh-oleh maupun souvenir khas Dieng.




Selanjutnya perjalanan kami lanjutkan ke kompleks candi arjuna. Cuman sayang, kita malah cuman muter mobil aja di sana, ga sempat parkir apalagi turun. Sebenernya agak kecewa juga, tapi sebagai peserta jalan-jalan gratisan ga boleh protes dong ya. Dan saya cukup tahu diri untuk itu, hehehe..
Daaaan yang terakhir, apalagi postingan saya kalo bukan soal makanan? Yep, ini yang mau saya bagiin di sini. Oleh-oleh dari negeri di awan, seperti judul cerita ini dan seperti lagunya Katon bagaskara.. :D



Carica, mungkin masih saudaranya pepaya (karena bentuk pohon, daun dan buah mirip pepaya) tapi rasanya jauh dari pepaya. Terdorong rasa penasaran dengan rasa asli carica ini, saya beli buahnya (biasanya beli yang udah jadi manisan). Penjualnya cukup informatif ngasih penjelasan gimana cara mengolah si unik carica ini. Tapi saya kan ceritanya lagi penasaran sama rasa asli buahnya. Begitu saya tanya, "ini bisa dimakan langsung ga mbah?" jawabnya "Ya bisa aja, dikupas dulu trus di cuci bersih baru di makan" jawab si embah penjualnya sambil agak sedikit ragu. Yaelaah, anak kecil juga tahu kalo gitu mbah.. :D Meskipun saya ga puas dengan jawabannya, tapi saya yakin aja kalo carica ini bisa di makan langsung.

Akhirnya sampe juga dirumah dan dengan segera saya kupas carica yang sudah matang. Wanginya bener-bener menggoda, tapi ternyata rasanya ga seperti yang saya bayangkan. Bahkan saya ga tahu gimana cara mendeskripsikan rasanya secara tepat,, Haahahaha. Rasanya hambar, ga manis, ga asem, ga pahit, cuman tekstur daging buahnya berserat seperti mangga. Saya pun kemudian pasrah aja, mungkin buah ini memang di takdirkan untuk jadi manisan. Hehehehe,, 
This is it, my homemade carica in syrup.
Resep by. Me

Bahan : 
1,5 kg Carica
1,5 liter air
600-700 gr gula pasir (lupa ga nimbang)
1/4 sdt kayu manis bubuk
1 buah jeruk nipis ukuran sedang, ambil airnya
500 ml air mendidih untuk merendam

Cara membuat :
  1. Kupas carica, belah dua, keluarkan isinya, potong kecil-kecil.
  2. Cuci dengan air mengalir sambil di gosok dengan telapak tangan untuk menghilangkan getahnya. Cuci bersih sampai daging buahnya terasa kesat (tadinya licin karena getah).
  3. Masukkan carica yang sudah bersih ke dalam 500 ml air panas, rendam sebentar, tiriskan.
  4. Rebus air, masukkan gula dan carica. Gunakan api kecil dan tunggu sampai mendidih. Tambahkan bubuk kayu manis dan perasan jeruk nipis.
  5. Dinginkan dan masukkan ke kulkas.
  6. Kirimin saya kalo udah nyoba bikin sendiri. :D

FYI, sebelum saya kasih perasan jeruk nipis, saya icip sedikit air rebusan carica ini dan ternyata udah ada rasa asemnya plus wangi alami buah ini tentu saja. Jadi jeruk nipis buat apa dong? Fungsi jeruk nipis, biar gulanya ga mengkristal setelah carica nya saya masukkan ke kulkas. Thats it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...