Kamis, 16 Mei 2013

Butter Cake Perdanaku

Beberapa hari lalu dapet tantangan dari emak mertuaku suruh nyoba bikin cake yang di panggang. kalo sukses, mau di order untuk acara pengajian di rumah bulan depan. Lah secara aku selama ini terlalu sayang sama kukusan, jadi oven ku hampir sama sekali ngga pernah di berdayakan untuk panggang cake. 
Oven kepake cuman hampir setahun sekali buat bikin kue kering lebaran. Itupun ngga banyak macam kue yang di bikin. Alesannya takut ibadah puasanya kocar-kacir gara-gara cuman ngurusin kuker. Padahal aslinya maleeesss,, hihihihi... *Ups, ketahuan deh aslinya.. :D

Eh, malah kemana-mana ceritanya. Yuk kita kembali ke oven. #eh? :D
Berhubung yang ngasih order mak mertua, mesti bilang oke dong.. Jadi, saya coba deh resep yang anti gagal dengan menggunakan bahan yang mudah dan murah. Bukan apa-apa, cuman kalo bahannya aja udah mihil dan ternyata cake nya gagal kan sayang duitnya,, hehehe..
Berbekal buku kesayangan, saya pilih butter cake 2 telur (Cinnamon cake) resep milik Ibu Fatmah Bahalwan. 

Resep yang saya pake dari buku cake and cookies anti gagal. Disitu tertulis untuk menggunakan butter, tapi tadi saya pake full margarin karena masih trial., kalo pake butter dan ternyata gagal kan sayang butternya., hehe.. 
Ini dia resepnya :
Butter Cake
Bahan :
  • 120 gr Mentega (Saya pake blue band + simas palmia)
  • 1/2 sdt Vanili ekstrak / vanili bubuk
  • 250 gr Gula Pasir
  • 2 butir Telur
  • 200 gr Terigu Protein Sedang
  • 1 sdt Baking Powder
  • 150 ml Susu Cair (Saya pake Ultra Plain warna Biru)
  • Gula bubuk secukupnya
  • Bubuk kayu manis secukupnya
Cara :
  1. Panaskan oven 180 derajat celsius
  2. Kocok mentega, gula dan vanili sampai dengan mengembang pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan terigu, baking powder dan susu secara bergantian sambil di aduk hingga rata (Saya pake mikser kecepatan rendah)
  4. Tuang dalam loyang persegi 22 cm, tinggi 3-4 cm yang telah di oles margarin dan di alasi kertas roti.
  5. Panggang hingga matang kurang lebih selama 30 menit. (Saya sampe 65 menit karena oven kurang panas sehingga membutuhkan waktu panggang yang lama)
  6. Angkat, dingkinkan, potong-potong dan taburi gula halus dan bubuk kayu manis. Sajikan.
Baca resep berkali-kali, sambil pede aja saya bilang dalam hati "Ah, kayanya gampang deh ini". tapi ternyataa.. saya melakukan beberapa kesalahan selama pembuatan cake perdana saya ini.
Kesalahan saya yang pertama, saya tidak menggunakan gula yang butirannya halus. Jadi ketika saya mikser, gulanya ngga hancur-hancur padahal motor miksernya udah panas banget. Saya sampai mati-hidupin mikser tiga kali. Mungkin juga faktor miksernya yang kurang ok, jadi cepet panas. Karena gula yang tidak kunjung hancur, akhirnya saya nekat aja masukin telur, berharap gula akan hancur dengan penambahan cairan. Tapi ternyata sampai telur mulai mengembang, gula masih belum halus benar. Ujung-ujungnya, saya kecapean (dan putus asa juga, hehe) akhirnya sambil komat-kamit berdoa saya nekat aja masukin tepung dan bahan lainnya, saya mikser dengan kecepatan rendah.
Belum sampai di situ aja, ternyata saya masih bermasalah dengan suhu oven. Oven di rumah saya otang jadul milik ibu saya yang ngga ada termometernya. Pertama saya pake api kecil-sedang selama 30 menit pertama karena takut cakenya gosong. Begitu timer saya udah bunyi, ternyata permukaan cake terlihat belum matang (saya intip dari kaca oven). Waktu panggang saya tambahin lagi 15 menit ternyata belum mateng juga. Tes sentuh, permukaannya masih "mblesek", aduh apa ya bahasa indonesianya? hehe.. Lalu saya tambah lagi 20 menit, dan api kompor di besarkan. 
Saya tes lagi ternyata permukaan cake sudah membal (65 menit pemanggangan). Alhamdulillah, saya seneng banget ternyata cake nya bisa juga matang tanpa gosong. Secara ini pengalaman pertama saya manggang cake. Tapi begitu cake sudah dingin dan saya balikkan, ternyata bagian bawah cake terutama pinggirannya keras. Bagian tengah cake tetap lembut dan enak meskipun kemanisan menurut saya.
Next time, saya mau kurangin gula jadi 200 gram saja meskipun nanti konsekuensinya volume cake tidak akan sama dengan yang menggunakan gula sesuai takaran resep. Meskipun saya menemuai berbagai kendala, ternyata cake panggang perdana saya berhasil membuat pak suami dan Elena nyemil terus ga berhenti. Padahal kata saya kemanisan, ngga tau mereka kok suka banget. Karena masih belum pede, jadi cake saya kali ini belom berani di setor ke emak mertua. Besok lagi bikin yang baru, semoga hasilnya memuaskan dan emak mertua saya makin sayang sama saya,, hihihihi... 

Oh iya, ini dia penampakan butter cake perdana saya. Alhamdulillah, ga jelek-jelek amat. Masih bisa di terima lidah dan akhirnya saya bisa teriak "Horeeee, oven ku naik kelaaass" :D


Seperti biasa, saya ngga pernah puas dengan satu atau dua foto. Jeprets again..


Ganti angle, biar beda sudurt pandang. Cieeh, kaya udah jago fotografi ajaahh... *Eh, sambil bilang amin, semoga pinter beneran..


Ganti properti, biar keliatan beda. Padahal cake sih samaaaa... :D



Satu lagi,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...